Minggu, 26 Agustus 2018

Senyummu, Surga Bagiku




Saat melihat foto diatas, rasanya begitu menyedihkan ya? Rasanya ekspresi wajah seperti itu banyak atau pernah kita lihat. Terkadang membuat kita penasaran dan menduga-duga apa yang terjadi dengannya. Jika ternyata dia adalah seorang perempuan yang sudah menikah atau seorang ibu, pasti yang terlintas dipikiran kita adalah karena ada sangkutpautnya dengan urusan anak atau suaminya.

Dalam sebuah rumah, ada kalanya terdengar suara canda tawa namun terkadang terdengar isak tangis. Hal itu adalah lumrah dalam sebuah keluarga, namun jika ternyata seorang perempuan atau ibu yang menangis tentu akan beda artinya. Bisa jadi menangis karena bahagia ataupun karena hal yang membuatnya sakit dan sedih. Seorang ibu dalam sebuah keluarga layaknya sebuah cahaya bagi seluruh anggota keluarga. Jika cahayanya redup, maka rumah akan terasa begitu hampa dan terasa tak ada kehidupan.

Seorang ibu atau perempuan adalah sosok tangguh yang mampu menahan beban seberat apapun. Seorang perempuan dan seorang ibu dapat menjadi apapun yang dibutuhkan keluarganya. Memainkan banyak peran bagi buah hati dan suami, dapat melakukan beberapa hal dalam waktu yang bersamaan. Saat dirinya lelah dan sedihpun, dia dapat menyembunyikan demi kebahagiaan keluarganya. Namun saat beban itu telah melampui batas yang mampu ditahannya, dia pun akhirnya akan melimpahkannya melalui tangisan.

Inilah saatnya sang suami lebih peka dan memperhatikan perubahan yang ada pada dirinya. Jangan karena perempuan berkata “tidak ada apa-apa” namun ekspresi wajah justru sebaliknya dan sang suami tak berusaha mencari tahu. Inilah saatnya suami berperan lebih dari biasanya. Mungkin sang istri terlalu lelah atau takut akan menambah beban  pikiran pada suaminya. Setangguh apapun perempuan, dia tetap seorang manusia yang butuh waktu untuk dirinya sendiri juga seseorang untuk bersandar saat lelah mendatanginya.
Jangan biarkan cahaya dalam rumah redup bahkan mati karena sang penerang terlampau lelah dan sedih. Jangan biarkan ada airmata dalam kesehariannya. Saat seorang perempuan atau ibu merasa lelah atau sedih maka rumah akan terasa berbeda. Berikan waktu bagi sang istri untuk dapat menikmati sehari tanpa harus disibukkan dengan urusan rumah. Atau ajaklah berliburan agar wajahnya kembali cerah ceria karena senyum seorang ibu adalah kebahagiaan bagi seluruh isi rumah. Senyum dan kebahagiaan seorang ibu merupakan surga bagi sebuah rumah.


#MakMoodmenulis
#TantanganmenulisMakmood4

27 komentar:

  1. Balasan
    1. Kan surga ditelapak kaki ibu😁

      Hapus
  2. Mantap mba, blog saya sdh lama adanya. Cuma isinya secuil.
    Baru mau mulai lagi nich

    BalasHapus
  3. Siip... betul banget mba :) sygnya saya blm pny blog, selama ini lbh bnyk di FB aja, ada watppad itu jg jrg update

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga baru aktif lagi, sayang kalau banyak sarang laba-labanya.qiqiqi

      Hapus
  4. Balasan
    1. Alhamdulillah, makasih udah berkunjung mba

      Hapus
  5. Wah, curahan hati perempuan banget nih. Makasih Mbak. Tulisannya mewakili perasaan kaum perempuan yang terkadang memang memilih untuk menahan dari pada berbagi.

    BalasHapus
  6. Setuju Mbak...Happy Mommy-Happy Family:)

    BalasHapus
  7. Wah tulisannya ini cocok juga buat bapak-bapak ya Bun. Iya bun jadi perempuan harus kuat kiya ya. Demi suami dan anak2 kita walau ada kalanya pun kita lelah dan bosan

    BalasHapus
  8. Ibu memang haruis bahagia, kalau nggak nanti berubah jadi T-rek wkwkwkwk saya banget itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi berubah jadi T-rek mba, jadi satria baja hitam ajalah. Hehehe

      Hapus
  9. Duh jadi baper hehe, senyuman seorang ibu adalah surga. Duh sukak sama kata2nya.

    BalasHapus
  10. Terima kasih untuk tulisannya. Saya jadi ikut baper.

    BalasHapus
  11. Semangat terus buat semua ibu...

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah kita diberi kesempatan menjadi seorang ibu. Insya Allah ladang pahala. Semangat menulis Mak..

    BalasHapus
  13. Curahan hati ibu, suka dengan tulisanya, makasih mbak

    BalasHapus
  14. Setuju mba, perempuan itu sangat moody. Tapi kalau mau sukses dan berhasil ya kita harus melawan mood swing itu sih. Tetap semangat yaaaa

    BalasHapus
  15. Yes setuju...beri waktu seorang ibu/istri untuk waktu tanpa kesibukan. Atau diajak jalan-jalan. Yang ini aku banget...Sehingga stlh jln2 bisa segar lagi denhan kesibukan rumah tangga yang tak ada habisnya...😊

    BalasHapus
  16. Ibu memang harus refresing sekali-sekali biar nggak gampang bete.Kita harus bahagia yah

    BalasHapus
  17. Semnagat Mba...makanya saya senwng ngajak.emak2 jalan2, sekedar melepaskan kegiatan rutinnya & menikmati me time dg dana.murah. yg penting happy

    BalasHapus
  18. Eh, sepertinya saya familiar dengan gambar dan tulisan ini deh. Hihihi. Yup. Makanya semua, apalagi para Emak perlu punya passion dan jalani hidup sesuai passion. Passion yang tidak mementingkan uang 😁

    BalasHapus
  19. Udah banyak tulisan Mak Pink.. keren

    BalasHapus